Selasa, 20 Maret 2012

Cara Menghitung Volume Tangki Silinder Horizontal

"Seringkali kita kesulitan dalam menentukan berapa seh stock volume yang terdapat dalam tangki solar kita. Nah dalam catatan ini saya coba bantu kawan - kawan semua yang mengalami kesulitan yang sama. Tulisan ini saya ambil dari sebuah blog yang cukup inspiratif menurut saya dan sangat membantu. berikut tulisan lengkapnya dan semoga membantu."

Jika anda mempunyai tangki silinder yang letakkan horizontal dan anda perlu menghitung jumlah volume zat cair yang ada di dalamnya maka rumus ini dapat membantu anda. Saya gunakan rumus ini untuk menghitung volume solar atau oli di dalam tanki silinder horizontal. 


Rumus ini hanya akurat jika:
· Tangki berbentuk silinder bulat, bukan oval.
· Ujung-ujung tangki berbentuk datar, tidak melengkung (cembung maupun cekung).
· Tangki berada pada tempat yang datar (rata air).
· Gunakan pengukuran di bagian dalam tangki, terutama jika material kulit tangki sangat tebal.
· Alat pengukur kedalaman cairan harus benar-benar tegak lurus atau vertikal



Tangki silinder yang diletakkan horizontal cukup popular beberapa kelebihan dibanding tangki vertikal, diantaranya:
· mudah dibangun
· mudah diangkut truck
· mudah di installasi di lokasi kerja
· tidak terlalu tinggi sehingga mudah diangkat derek
· tidak rentan sambaran petir
· mudah dipanjat untuk pemeliharaan dan pengecheckkan.

Rumus yang digunakan untuk menghitung volume didalam tangki menggunakan rumus Phytagoras dan Trigonometri untuk menentukan luas bidang ujung-ujung tanki yang terendam cairan di dalam tanki. Sehinga luas bidang ujung tangki yang dikalikan dengan panjang tangki menghasilkan volume cairan di dalam tangki.

Excel program ini mencakup formula dan tabel persentase kedalaman cairan terhadap kedalaman maksimal untuk setiap 5% kenaikan kedalaman cairan, untuk dibandingkan dengan persentase volume cairan. Pada grafik terlihat bahwa persentase volume tidak liner sebagaimana persentase kedalaman. Hal ini perlu dipertimbangkan jika anda harus menentukan nilai minimal dan maximal stock.

Untuk mendapatkan rumus excel dapat kirim email ke saya atau dapat juga ke sumbernya langsung.

85 komentar:

  1. Mas. Tlg dong di emailkan formulanya. Mksh ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akan saya usahakan...
      Kirim email Anda saja ke alamat email saya, insyaalloh akan segera saya follow up.
      Terima kasih sudah membaca.

      Hapus
    2. dh mas ibenk, boleh saya minta rumusnya? saat ini kami juga kesulitan menghitung volume solar. kalau berkenan kirim ke yudi@primagroup.co.id terima kasih

      Hapus
  2. Mas, kalau dua ujung silinder tersebut, berbentuk elips bagaimana ?

    restuwdsn@gmail.com

    BalasHapus
  3. Mohon bantuannya dong, tolong di kirimkan formulanya, kebetulan saya bekerja di bagian Logistik yang mengharuskan stok solar pada tangki Tabung, dan elips. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih seblumnya atas kesediaan mz Misbah Mbull membaca blog saya dan mohon maaf atas keterlambatan saya me respon Anda.

      Mohon untuk alamat emailnya mz, karena saya mencari email Mz Misbah nda ketemu neh... insyaalloh akan saya kirim segera.

      Terima kasih

      Hapus
  4. Mas saya butuh rumus excel nya donk..
    Kirim ke sugeng.analis@gmail.com
    Terimakasih banyak mas sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siang mz,
      Maaf neh lambat me-respon nya...

      Untuk formulanya udah dikirim ya.. mudah-mudahan bermanfaat.

      Terima Kasih.

      Hapus
  5. mas rumus execelnya sma ga untuk menghitung tabung yg oval?
    tolong kirim ke fendijaenudin@gmail.com
    terimakasi sebelum dan sesudahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siang Mz...

      Sudah saya kirim by Email ya ...

      Semoga bermanfaat

      Terima kasih

      Hapus
  6. Mas Ibeng...
    Boleh minta Rumusnya..?

    kalo boleh Tolong kirim ke alamat email saya
    agustifani@gmail.com
    Terima Kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siang

      Untuk rumusnya sudah saya kirim by email.. semoga bermanfaat.

      Terima kasih

      Hapus
  7. mas boleh minta rumusnya???

    kirim ke email saya ya??

    ade_geboy2002@ymail.com

    makasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear...

      Untuk rumusnya sudah say kirim mz.. semoga bermanfaat

      terima kasih

      Hapus
  8. mas,boleh minta formula nya juga..??
    ini email saya mas,
    hendrizal1589@yahoo.com
    mohon bantuannya mas..!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear...

      Untuk rumusnya sudah say kirim mz.. semoga bermanfaat

      terima kasih

      Hapus
    2. maaf mas..
      belum ada mas rumus nya di email saya...
      mohon di cek dan dikrim ulang mas...
      hendrizal1589@yahoo.com atau hendrizal@email.com

      mohon bantuannya mas..

      terima kasih..

      Hapus
  9. Mas, Bs kirim rumusnya diemail saya :
    noldymetro@ymail.com
    terima kasih atas bantuannya...

    BalasHapus
  10. Minta tlg dikrm rumusnya ke email sya mas, trm kasih.
    culcasaddem@gmail.com

    BalasHapus
  11. mau dong bos rumusnya email saya kk28kusdiono@gmail.com

    BalasHapus
  12. Mas, Boleh minta rumusnya?? Tolong kirim k iwan_k46@yahoo.com ya,, terimakasih sebelumnya, :)

    BalasHapus
  13. Mas beny,, mint tolong kirimin rumus untuk tanki yang oval/elips ya mas..
    Ni emailnya, ekhsanalhikma@gmail.com
    Syukron mas

    BalasHapus
  14. mas saya minta rumusnya juga dong untuk menghitung ukuran tangki
    mohon di reply ya e-mail saya

    matur nuwun

    BalasHapus
  15. mas, saya minta dong rumus untuk tangki yang kotak dan silider, termasuk density/berat jenis nya solarnya.. terimkasih
    suparman29@gmail.com

    BalasHapus
  16. Mas tolong bantu saya,
    untuk tentukan volume tangki ellip yang terisi sebagian...
    trims ...

    primemartugi2208@google.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mr Martugi...

      Email sudah saya kirimkan tetapi bersetatus

      "Sorry, we were unable to deliver your message to the following address.

      :
      Remote host said: 550 5.1.1 http://support.google.com/mail/bin/answer.py?answer=6596 tq4si9804112vdc.14 - gsmtp [RCPT_TO]"

      atau emailnya seharusnya "primemartugi2208@gmail.com"

      Terima kasih

      Hapus
  17. mas ibeng,,,,saya juga minta rumus tangki elipsnya ya....
    tanthowia @yahoo.com
    trims sebelumnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mz Achmad.

      Mohon maaf mz, emailnya itu "tanthowia @yahoo.com" ataukah "tanthowia@yahoo.com"

      terima kasih

      Hapus
  18. mas mau minta bantuan dikirimkan rumus nya ke email saya untuk keperluan tugas akhir saya

    ke khairunisaevy@gmail.com
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  19. mas ibenk,
    tolong saya dikirmkan juga formula untuk penghitungan tabung elipse horizontal
    mirzanaufanh@gmail.com

    BalasHapus
  20. mas ibenk,
    tolong saya dikirmkan juga formula untuk penghitungan tabung elipse horizontal
    mirzanaufanh@gmail.com

    BalasHapus
  21. mas ibenk,
    tolong saya dikirmkan juga formula untuk penghitungan tabung elipse horizontal
    mirzanaufanh@gmail.com

    BalasHapus
  22. mas ibenk,
    tolong saya dikirmkan juga formula untuk penghitungan tabung elipse horizontal
    mirzanaufanh@gmail.com

    BalasHapus
  23. Om Ibenk ikutan minta rumusnya tanki nya donk. email saya eariefr@yahoo.com

    Rumus ini udah di cari2 kemana mudah2an cocok.

    Makasih Mas

    BalasHapus
  24. mkasih tips nya ya..tolong kirimkan ke email saya : fiie_harahap@yahoo.com .tks

    BalasHapus
  25. Menarik sekali tulisannya, saya pengin juga menghitung volume tangki solar saya setiap saat, tolong dong diraih excelnya ke saya, Makasih mas. harisant59@gmail.com

    BalasHapus
  26. Tks, saya sudah terima formula excelnya, banyakin lagi idenya biar tambah banyak pahalanya. Salam sukses...

    BalasHapus
  27. mas,
    saya minta tolong dikirmkan juga excel formula untuk penghitungan tabung elipse horizontal, utk stok opname akhir bulan, mksh ya mas sblmny,, shima.md07@gmail.com

    BalasHapus
  28. Mohon dishare rumusnya pak Ibenk, kalo ada tangki elips juga ya...
    terima kasih..
    nvi_efrilia@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Bro Shima Madika Diwa dan Nevi

      Rumus sudah di emailkan.

      Semoga bermanfaat

      Terima Kasih

      Hapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. Mas Ibenk

    Mohon saya juga dikirim untuk rumusan excelnya mas karena di tempat saya bekerja sering kesulitan dalam penentuan stok akhir solar.
    Ini alamat email saya mas ferdinand.tobingrui@gmail.com
    atas bantuannya. Terima kasih

    BalasHapus
  31. MAs Ibenk Mohon bantuannya dong, tolong di kirimkan formulanya, kebetulan saya bekerja di bagian Logistik yang mengharuskan mengetahui stok solar pada tangki Tabung yang berbentuk oval seperti tangki mobil bbm,. Thanks

    BalasHapus
  32. MAs Ibenk Mohon bantuannya dong, tolong di kirimkan formulanya, kebetulan saya bekerja di bagian Logistik yang mengharuskan mengetahui stok solar pada tangki Tabung yang berbentuk oval seperti tangki mobil bbm,
    email saya ( v.dhana@ymail.com)
    Thanks

    BalasHapus
  33. mohon bantuannya mas ibenk...saya perlu rumusnya termasuk untuk yang tangki berbentuk oval....terima kasih sebelumnya

    hsn.776@gmail.com

    BalasHapus
  34. Mas saya butuh rumus excel nya donk..
    Kirim ke whyyouputra@gmail.com
    Terimakasih banyak mas sebelumnya
    Balas

    BalasHapus
  35. Mas kalau tangkinya berbentuk elips horizontal seperti tangki bbm mobil pertamina bgmn cara menghitung nya...? . Terus kalau isinya tdk penuh bgmana cr mnghitungnya..?

    BalasHapus
  36. Mas kalau tangkinya berbentuk elips horizontal seperti tangki bbm mobil pertamina bgmn cara menghitung nya...? . Terus kalau isinya tdk penuh bgmana cr mnghitungnya..?

    BalasHapus
  37. mas, tlong kirim rumusnya ke email saya dong, rendhiesuswanto@yahoo.com

    BalasHapus
  38. Mas tolong dong kirimin saya juga rumus exelnya yang cara menghitung yang oval dan bulat selinder,ini alamat email saya jhonadidn@gmail.com.
    trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  39. Mas tolong dong kirimin saya juga rumus exelnya yang cara menghitung yang oval dan bulat selinder,ini alamat email saya jhonadidn@gmail.com.
    trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  40. Pak tolong kirimkan rumusnya ya pak ke berauproject@gmail.com

    BalasHapus
  41. Pak ibenk bisa tolong di share rumusnya pak untuk tangki elipsnya. Kbetulan mau saya aplikasikan langsung dgn pekerjaan saya dilapangan siang ini

    BalasHapus
  42. Pak , bisa share ke email saya juga ??

    jerry6684@gmail.com

    BalasHapus
  43. pak... bsa share dgn rumus yg bapak punya.. saya kebingungan dgn rumus-rumus yg sya cari d mbah google.. trima kasih sebelumnya^^
    sandompu@gmail.com

    BalasHapus
  44. Mas Mohon saya juga dikirim untuk rumusan excelnya mas karena di tempat saya bekerja sering kesulitan dalam penentuan stok akhir.
    Ini alamat email saya yadi_warman@yahoo.co.id
    atas bantuannya. Terima kasih

    BalasHapus
  45. Salam kenal, mas sy minta tlg di kirim kan rumusnya jg di andrew_tjoe@live.com. Makasih untuk ilmu nya

    BalasHapus
  46. Salam kenal. Mas, sy juga perlu rumusnya. Tolong diemailkan ke sheel_vi@yahoo.com. Terima kasih banyak mas.

    BalasHapus
  47. mas Benk bisa tlg kirim rumusnya, kami sangat membutuhkan u monitoring dn kontrol pengisian bbm di site-site kami..alamat nsbudi1974@gmail.com, terima kasih bantuannya mas, smg menjadi ladang kebaikan..aamiin

    BalasHapus
  48. Pak kebetulan saya sangat membutuhkan perhitungan tangki fuel bapak bisa kirimkan ke email saya ya edyzah.aliyah@gmail.com

    tengkyu pak,salam.

    BalasHapus
  49. mas kirim juga donk formulanya ke email saya
    verryyudhie17@gmail.com

    BalasHapus
  50. mas kirim juga donk formulanya ke email saya
    verryyudhie17@gmail.com

    BalasHapus
  51. mas kebetulan saya juga membutuhkan.. tolong kirik ke email saya rsyan.gokil@gmail.com, terima kasih mas..

    BalasHapus
  52. dear Mas ........
    Mas saya memerlukan formula yang dimaksud, nich ...........
    Minta tolong dibantu bisa di send ke email saya, mas : naguwi@gmail.com
    terimakasih.

    regard's
    agung

    BalasHapus
  53. anera.kamboja@gmail.com

    ini nama gmail saya mas ibenk tolong dikirim rumus excel..

    __________________ THANKS

    BalasHapus
  54. Mas Ibenk saya juga minta rumusnya dong, krn ukuran tera dari mobil tangki pertamina tidak sesuai dengan ukuran tera volume solar ditangki kita! email saya halim6376@gmail.com terima kasih sebelumnya!

    BalasHapus
  55. dear Mas ........
    Mas saya memerlukan formula yang dimaksud, nich ...........
    Minta tolong dibantu bisa di send ke email saya, mas : irfan.prayoga@gmail.com
    terimakasih.

    regard's

    Irfan
    Balas

    BalasHapus
  56. mas saya juga mau dikirimakan execel untuk perhitungan tangki bulat dan oval, dikirim ke lulus1965@gmail.com
    saya tunggu ya

    BalasHapus
  57. mas saya juga mau dikirimakan execel untuk perhitungan tangki bulat dan oval, dikirim ke lulus1965@gmail.com
    saya tunggu ya

    BalasHapus
  58. mas saya juga mau dikirimakan execel untuk perhitungan tangki bulat dan oval, dikirim ke lulus1965@gmail.com
    saya tunggu ya

    BalasHapus
  59. mas saya juga mau dikirimakan execel untuk perhitungan tangki bulat dan oval, dikirim ke lulus1965@gmail.com
    saya tunggu ya

    BalasHapus
  60. mas minta tolong saya juga dikirimkan rumusnya soalnya saya jg kesulitan untuk menghitung volumenya mas ini email saya treznoino@yahoo.com terima kasih.

    BalasHapus
  61. Mas Ibenk, bisa tolong kirimkan formulanya ke alamat email saya ( sudirman.bezt@gmail.com ), saya ingin menggunakan untuk perhitungan konsumsi solar genset tiap harinya di lokasi kerja saya.

    terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  62. Mas Ibenk, terima kasih sebelumnya atas informasi yang di berikan.

    Bila berkenan saya bisa di share contoh .perhitungannya dalam excel (alibin2574@gmail.com), terus terang kami selalu mendapati short dari pengiriman tanki solar swasta, mohon kami di bantu.

    Terima kasih
    Bambang

    BalasHapus
  63. Mas ibenk, bisa tolong kirimkan formulanya ke alamat email saya (sabilaipal@gmail.com) saya udah lama cari rumusnya utk hitung stock minyak dalam tangki seperti ini. terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  64. Salam Kenal Ibenk,
    Perkenalkan nama saya Ade, kebetulan saat ini saya sedang bekerja di perusahaan perkebunan swasta di divisi traksi, sehari-hari tim saya di traksi mengelola stock bbm dan spare parts untuk transport kendaraan pengangkut hasil panen, kadang kami cukup kebingungan untuk menghitung volume standar untuk stock harian bbm solar karena kebetulan tangki bbm kami berbentuk silinder horizontal. Mohon bantuan dan pencerahannya mas untuk solusi menghitung volume tangki yang dimaksud, alamat email saya di : ade.swaranusa@gmail.com
    Sekian dulu salam perkenalan dari saya, atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

    Ade, Kalimantan Barat

    BalasHapus
  65. Mas, tolong dong kirimi formulanya ke email saya (a_zili2000@yahoo.com)

    Thanks

    BalasHapus
  66. Mas Ibenk,
    Terima kasih atas informasinya, mohon kesediaannya untuk formulanya ke email saya (bob72gar@gmail.com). Terima kasih.

    Salam,
    Robert Siregar.

    BalasHapus
  67. Mas Ibenk ,
    Makasih sharenya, saya pas lagi cari formulanya belum ketemu , mudah2an ini bisa membantu. Tolong saya dikirimin juga formulanya ke email : roffi.m1234@gmail.com.

    Tks,

    Roffi

    BalasHapus
  68. Mas, tlong qrimin prog excel menghitung volume tangki silinder horinzontal per-cm, rudiindratno11@gmail.com, thanks ya

    BalasHapus
  69. Mas Ibenk, bisa tolong kirimkan formulanya ke alamat email saya ( madryan@yahoo.com ), saya ingin menggunakan untuk perhitungan konsumsi solar genset tiap harinya di lokasi kerja saya.

    terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  70. Tolong kirimin formulanya ke saya yah
    vhie.3007@gmail.com

    Terimakasih

    BalasHapus
  71. Mas tolon gkirim ke e mail aku rumus excel nya terima kasih

    BalasHapus
  72. Mas Ibenk, bisa tolong kirimkan formulanya ke alamat email saya ( warsini_kadi@yahoo.com ), saya ingin menggunakan untuk perhitungan konsumsi solar genset tiap harinya di lokasi kerja saya.

    terima kasih sebelumnya.
    Balas

    BalasHapus
  73. Mas, Boleh minta rumusannya donk..ke ilham_syahputra83@yahoo.com.

    terimakasih sebelumnya mas.

    BalasHapus